Gebyar Iva Dan Sadanis Di Kabupaten Bangli

  • 19 Juli 2019
GEBYAR IVA DAN SADANIS DI KABUPATEN BANGLI

Kegiatan  gebyar IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) adalah kegiatan untuk mendeteksi secara dini penyakit kanker serviks atau kanker leher Rahim, dalam kegiatan ini sekalian juga dilakukan deteksi dini kanker payudara secara klinis  (SADANIS). Dua jenis kanker ini adalah jenis kanker yang banyak diderita oleh masyarakat khususnya kaum wanita. IVA test adalah cara mudah, murah dan cepat dalam mendeteksi secara dini kanker serviks, karena hasilnya langsung bisa diketahui apakah seseorang hasilnya positif atau  negatif, bagi yang positif akan dilakukan tindakan krayoterapi.

Sasaran dari kegiatan IVA test ini adalah wanita usia 30 sampai 50 tahun yang sudah menikah wajib untuk mengikuti pemeriksaan ini termasuk juga wanita yang belum menikah tapi sudah melakukan hubungan seksual secara aktif, kelompok ini adalah kelompok yang berisiko terkena penyakit kanker serviks maupun kanker payudara.

Kegiatan IVA test dan SADANIS ini sangat penting dilakukan untuk pencegahan dan pengendalian penyakit kanker serviks dan payudara, karena penyakit kanker jika ditemukan pada stadium dini peluang untuk sembuh akan lebih besar. Kondisi sampai saat ini masih banyak ditemukan kasus dalam stadium yang sudah lanjut sehingga penyembuhan akan sulit dilakukan.

 Kegiatan gebyar IVA dan SADANIS di Kabupaten Bangli dilakukan di Desa-desa atau di Puskesmas atau Pustu yang dilakukan oleh Tenaga Bidan Puskesmas yang sudah terlatih bersama Dinas Kesehatan yang bekerjasama dengan organisasi profesi dokter ahli kebidanan dan kandungan (POGI) dan juga Yayasan Rama Sesana.

DATA GEBYAR IVA TAHUN 2018 DI KABUPATEN BANGLI

               

NO

TANGGAL

TEMPAT

JUMLAH IVA

PAP SEMEAR

HASIL IVA (+)

DIKRIOTERAPI

CBE BENJOLAN

1

6 PEBRUARI 2018

PP. ULIAN

153

0

14

14

1

2

9 PEBRUARI 2018

DESA BANGBANG

79

0

2

2

0

3

3 MEI 2018

DINKES/BEBALANG

83

0

4

4

1

4

11 MEI 2018

PP. PENGIANGAN

87

  • 19 Juli 2019

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita