Bersama Tanggap Flu Burung

  • 01 Juni 2012
BERSAMA TANGGAP FLU BURUNG

Bagaimana Mencegah Penularan Virus Flu Burung Dari Hewan Ke Manusia ?

Pada saat ini, tidak ada vaksin yang mampu mencegah penyakit ini jika sudah berjangkit pada manusia dan penanganannya pun sukar dilakukan. Maka dari itu pencegahan Flu Burung sangatlah penting. Bisa saja unggas tetap tampak sehat meskipun ia membawa virus H5N1. Untuk mencegah berjangkitnya virus Flu Burung secara aktif, ikuti petunjuk berikut :

1. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah kontak dengan unggas dan produk unggas lainnya, sebelum menyiapkan makanan dan sebelum makan.

2. Masak daging unggas dan telur sampai matang

3. Hanya membeli, menyembelih, memasak dan mengkonsumsi unggas yang sehat

4. Hindari kontak yang tak perlu dengan unggas, bahkan unggas yang sehat sekalipun. Gunakan masker dan sarung tangan saat kontak atau menyembelih unggas.

5. Kandangkan unggas dan ditempatkan tidak dekat dengan pemukiman serta jaga kebersihan dengan desinfektan atau dengan sabun. Pisahkan kandang ayam dan    bebek.

6. Bersihkan sepatu atau sandal, peralatan, roda atau ban mobil transportasi sebelum memasuki dan setelah meninggalkan kandang unggas. Salinlah dan cuci baju dengan sabun setelah kontak dengan unggas.

Flu Burung sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian.

  • 01 Juni 2012

Artikel Lainnya

Cari Artikel